Welcome

Selamat datang di Blog ini IBX59F805C1BE12B

Minimalisir Kerugian Akibat Pembelian yang Salah dengan Memahami Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler


Proses dan transaksi pembelian memang perlu kecermatan dan kehati-hatian. Pasalnya, jika pembelian dilakukan secara sembarangan maka akan membuat Anda melakukan kesalahan. Jika kesalahan ini dilakukan maka pastinya Anda akan mengalami kerugian. Proses pembelian yang dapat mengakibatkan kerugian ini sendiri juga bisa saja terjadi pada pemilihan pada produk pendingin ruangan. Perangkat pendingin ruangan sendiri saat ini banyak macamnya, termasuk salah satu yang sedang banyak diminati yakni air conditioner dan air cooler. Nah bila Anda ingin meminimalisir kerugian akibat pembelian produk pendingin yang salah maka Anda harus memahami perbedaan antara air cooler dan air conditioner.

Supaya kita bisa memahami dengan baik perbedaan air cooler dan air conditioner maka kita harus bisa menjelaskan beberapa hal dari produk tersebut. Beberapa hal yang perlu dijelaskan dari kedua perangkat pendingin ruangan ini antara lain metode kerja serta kelebihan dan kekurangan masing-masing produk. Mari kita mulai dari produk Air Conditioner atau sering disebut AC. Produk air conditioner ini sebenarnya sudah populer di masyarakat karena sudah banyak yang memilikinya. Tapi sayangnya belum semua orang mengerti metode kerja perangkat ini.

Jadi metode kerja air conditioner dimulai dari penyerapan udara panas yang dilakukan oleh kipas yang biasanya berada di luar ruangan. Nah udara panas yang telah diserap ini kemudian akan diarahkan ke kumparan yang mengandung senyawa. Nah senyawa inilah yang akan mengubah udara panas menjadi udara dingin melalui tahap konversi dalam wujud kondensasi. Beberapa senyawa yang ada pada kumparan tersebut antara lain hidroklorofluorkarbon (HCFC), klorofluorkarbon (CFC) dan perfluorokarbon (FC). Setelah udara dingin dihasilkan maka akan diteruskan ke ruangan untuk menurunkan temperaturnya.

Air conditioner sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari air conditioner antara lain :

  •  Dingin yang dihasilkan sangat terasa dan paling baik dari lainnya.
  •  Lebih cepat menurunkan temperatur ruangan sehingga suhu cepat menjadi dingin.
  • Bisa di tempatkan di ruang tanpa sirkulasi yang baik tanpa menimbulkan masalah kelembaban.
  • Tidak harus repot memantau debit air dingin di tangki seperti pada produk air cooler.
  • Meski banyak yang menggunakan dan populer, toh air conditioner ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti :
  • Harganya membuat pembeli harus mengeluarkan dana besar, karena banderolnya yang mahal.
  • Dengan daya listrik yang mencapai 500 watt bisa menjadikan tagihan listrik bulanan di rumah Anda membengkak.
  • Perawatannya juga membutuhkan biaya karena harus mendatangkan ahli service AC khusus.
  • Bila Anda ingin memindah-mindahkan perangkat akan mengalami kesulitan karena sifat pemasangannya yang permanen.

Setelah paham dengan air conditioner, mari kita lanjut pada pembahasan produk air cooler. Air cooler sendiri merupakan perangkat pendingin ruangan yang bekerja dengan meningkatkan kelembaban udara. Caranya, air cooler akan memanfaatkan air dingin yang ada di tangki untuk kemudian diubahnya menjadi uap dan kemudian diteruskan ke ruangan. Ketika hembusan uap air ini dihembuskan terus-menerus maka udara di ruangan akan meningkat kelembabannya dan menjadi lebih sejuk. Kelebihan dari air cooler ini antara lain :

  • Untuk membelinya Anda tak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak karena harganya yang lebih murah dibanding air conditioner.
  • Konsumsi listrik untuk air cooler ini terbilang tidak besar karena hanya membutuhkan daya 80-110 watt saja.
  • Tak membutuhkan biaya untuk perawatannya, karena bisa dilakukan sendiri.
  • Bersifat portabel sehingga mudah dipindah-pindahkan.
  • Produk yang satu ini juga tak luput dari kekurangan seperti juga yang dimiliki air conditioner. Kekurangan yang dimiliki oleh air cooler antara lain :
  • Dibandingkan AC, air cooler membutuhkan waktu yang lama untuk mendinginkan ruangan.
  • Dapat memicu munculnya penyakit jika air cooler ditempatkan di ruang dengan sirkulasi buruk.
  •  Memiliki ketergantungan pada persediaan air di tangki.

Demikianlah beberapa informasi mengenai perbedaan AC dan air cooler. Dari sini semoga Anda sudah mengerti dan paham bedanya air cooler dan air conditioner. Selain itu dengan memahami perbedaan air cooler dan air conditioner Anda juga akan bisa menjawab kontroversi dari air cooler vs air conditioner.

0 komentar :

Posting Komentar

© Copyright 2013. SilMaris.net. All Rights Reserved. Designed by: LBT (Lovely Blogging Tricks)